Tanda-Tanda Kesehatan Pada Si Buah Hati

Tanda-Tanda Kesehatan Pada Si Buah Hati

Anak adalah anugerah dari Tuhan, anak juga adalah amanah yang turunnya langsung dari Tuhan kepada manusia. Tidak semua pasangan menikah dianugerahi kepercayaan mempunyai momongan atau mempunyai anak, maka itu jika anda sudah dianugerahi anak maka itu artinya Tuhan sudah memberikan kepercayaan-NYA kepada anda, bahwasanya anda mampu untuk melaksanakan amanahNya dengan benar.

Dengan mengerti betul tentang kesehatan buah hati anda maka anda sudah berupaya untuk menjaga amanah Tuhan dengan memperhatikan tanda-tanda kesehatan anak anda, kesehatan anak ini berawal sejak dia dari dalam kandungan asupan makanan dengan gizi yang baik menentukan perkembangan janin sampai bayi lahir.

Bisa Diketahui Saat Baru Lahir

Tanda-tanda kesehatan anak secara fisik dapat terlihat ketika baru lahir bisa kita ketahui dengan ciri-cirinya yaitu pada saat bayi baru lahir langsung mengeluarkan suara tangisan baik itu lemah sampai tangisan keras, dengan menangis makan bayi menunjukakan bahwa tidak ada penyumbatan cairan plasenta yang masuk kedalam mulutnya.

Bayi sehat baru lahir menunujukkan kulit yang berwana kemerah-merahan dan memiliki gerakan yang aktif. Berat bayi baru lahir sehat, jika beratnya menunujukkan angka 2.500 sampai 4000 gram jika kurang dari berat tersebut biasanya disebut BBLR atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

Bayi baru lahir sehat biyasanya menunjukkan ciri-ciri sudah mampu menyusu dari payudara ibu dengan kuat. Sebaiknya ketika bayi baru lahir segera disusui dengan ASI atau yang disebut dengan metode inisiasi menyusui dini karena air susu ibu yang keluar saat pertama itulah yang mengandung zat gizi terbaik didunia yang disebut kolostrum yang biasanya berwarna kekuningan, di dalam zat kolostrum inilah yang akan memberikan kekebalan tubuh pada bayi.

Pemberian ASI Sampai 6 Bulan

Sebaiknya berikan hanya ASI atau Air Susu Ibu selama sampai 6 bulan kepada bayi baru lahir. Pemberian ASI pada bayi baru lahir sangatlah menguntungkan bagi ibu maupun bayinya karena selain sebagai zat gizi yang sangat banyak manfaatnya untuk bayi dan juga menyehatkan, praktis tidak perlu pembuatan yang rumit bila dibandingkan dengan pemberian susu formula, pemberian ASI juga mampu meningkatkan jalinan kasih antara ibu dan bayinya, dan juga kegiatan menyusui bayi mampu meningkatkan kesehatan ibu pasca melahirkan.

Menjaga Kebersihan Tali Pusar

Bayi yang baru lahir sebaiknya boleh dimandikan jika usianya sudah melebihi 6 jam, jagalah selalu kesehatan bayi baru lahir dengan menjaga kebersihan tali pusar nya yang mana lewat tali pusar tersebut yang menjadi tempat saluran plasentanya yang menghubungkan sumber makanan dari ibu kepada bayinya. Jaga kebersihan tali pusat itu selalu bersih, dan kering,jangan diberikan ramuan apapun ketika tali pusat tersebut kotor tetapi bersihkanlah dengan kain bersih dan dengan menggunakan air matang untuk membersihkannya.

Memastikan Bayi Sudah BAB

Pada bayi baru lahir pastikan bayi tersebut sudah buang air besar, agar diketahui apabila terjadi gangguan pada organ pencernaan bayi tersebut. Jagalah selalu bayi baru lahir di dalam keadaan yang hangat selayaknya suhu didalam perut ibunya, selalu gunakan kain yang kering dan hangat untuk membungkus atau menutupi badannya, gantilah sesering mungkin ketika kain tersebut basah, dan jangan menempatkan bayi baru lahir ditempat yang suhunya dingin atau banyak anginnya.

Sering-Sering Menyusui

Susuilah bayi sesering mungkin jangan sampai menunggu bayi tersebut menangis, berikan ASI tersebut minimal 7-8 kali sehari meskipun bayi tersebut sedang tidur haruslah dibangunkan. Tanda tandaa kesehatan bayi ini harus dipahami betul oleh semua wanita yang merupakan calon ibu agar kesehatan bayi nya terjaga. Pemberian imunisasi juga janganlah dilupakan karena pemebrian vaksi tersebut sangatlah penting untuk kesehatan bayi anda.

Selain tanda tanda bayi sehat ibu juga harus tahu bagaimana bila bayi tersebut sedang tidak sehat yaitu tanda-tanda kesehatan anak biasanya tidak dapat menyusui dengan benar, tidak sadarkan diri, merintih, nafas cepat, tampak kebiru-biruan disetiap ujung jari tangan dan juga kaki ataupun bibir bayi, tubuhnya kejang, badannya berwarna kuning, terasa dingin pada tangan dan kakinya, demam, bernanah pada matanya baik salah satu ataupun di kedua matanya.

Jika ciri-ciri tersebut tampak pada bayi anda makan anda harus memberikan perhatian intensif pada bayi anda. Tanda-tanda kesehatan anak diatas dapat dijadikan sebuah referensi agar setiap ibu lebih memperhatikan kondisi anaknya baik secara fisik, mental dan perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *