Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari

Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari

Untuk hidup sehat dan nyaman tidak cukup hanya dengan mengatur pola makan dengan baik atau rutin olahraga serta tidur cukup. Hal itu tidak membuat anda terbebas dari berbagai penyakit yang ada, karena tanpa di sadari dalam hidup kita ada kebiasaan yang tampaknya wajar namun ternyata dapat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan. Kebiasaan buruk apa sajakah yang dimaksud tersebut? Langsung saja simak berikut ini.

Tidur tengkurap

Tidur merupakan salah satu bentuk istirahat bagi tubuh, melalui tidur itu artinya anda akan merenggangkan otot-otot tubuh yang kaku setelah seharian beraktifitas. Kualitas tidur dibutuhkan untuk mengoptimalkan proses peregangan tersebut.

Salah satu yang mempengaruhi kualitas tidur adalah posisi tidur, pastikan posisi tidur anda bukan posisi tidur yang salah seperti posisi tengkurap, tidur dengan posisi tengkurap memiliki efek buruk pada beberapa organ tubuh sepert leher, gangguan pada otot dada, punggung serta paru-paru.

Efek buruk pada leher adalah timbulnya rasa sakit, pada posisi tengkurap berarti anda menempatkan leher pada posisi miring, posisi ini dapat menyebabkan rasa sakit atau mati rasa pada ekstremitas atas, pada posisi ini juga saraf akan menjadi dekompresi yang kemudian akan menyebabkan rasa sakit, selain leher otot dada akan mengalami gangguan.

Ilmu kedokteran modern membuktikan bahwa dalam tidur tengkurap pulas dalam waktu yang lama akan menyebabkan otot dada atau otot pernafasan kita tidak dapat mengembangkan dada dengan baik dan maksimal, hal tersebut mengakibatkan aliran oksigen menjadi sedikit dan berakibat sesak nafas.

Posisi tidur tengkurap juga memberikan pengaruh buruk pada paru-paru sebagai organ yang terletak di bawah saat tengkurap, karena paru-paru akan teerhimpit dan pernafasan anda akan mengalami gangguan. Satu akibat buruk lagi jika anda tidur tengkurap dan bagian tubuh tidak ditopang dengan baik atau tidak menyentuh tempat tidur dengan ideal maka hal tersebut akan mengakibatkan nyeri punggung ketika anda terbangun.

Posisi duduk membungkuk

Membungkuk adalah salh satu kebiasaan tidak sehat yang paling umum dan paling sulit untuk ditinggalkan. Membungkuk tidak baik untuk postur tubuh, walau posisi membungkuk ini membuat posisi anda lebih nyaman.

Membungkuk dapat mengakibatkan nyeri bahu ketika otot-otot stabilisator bahu ditekan oleh tulang belikat. Otot-otot dibawah dari atas punggung kita tegang hingga dapat menyebabkan kita sakit punggung, kelelahan, dan sakit kepala dalam jangka panjang.

Posisi duduk bersilah dan melipat kaki

Karena kebiasaan ini dapat meningkatkan besar tekanan darah, dan dapat menyebabkan pengumpulan darah di kaki, dan jika hal ini dilakukan terus menerus maka akan memicu munculnya peradangan pembuluh darah dari kaki bagian bawah dan akibat terbruknya akan menyebabkan pembekuan darah.

Memakai ikat pinggang terlalu kencang

Memakai ikat pinggang yang kencang mngkin akan membuat tubuh anda sedikit ramping namun itu akan bisa menjadi bomerang karena akan mengakibatka masalah dalam pencernaan. Diantaranya adalah tekanan intra abdomen yang mengakibatkan refluks asam, gejala ini diawali dengan rasa pahit dimulut, sensasi terbakar atau rasa nyeri di dada, daerah atas perut, batuk kronis, dan kesulitan menelan.

Untuk menghindari kejadian ini pastikan anda menggunakan ikat pinggang tidak lebih kencang daripada ukuran pnggang celana yang anda kenakan, dengan begitu anda masih bisa menghirup atau menghembuskan nafas dengan nyaman.

Membawa tas di posisi yang sama setiap hari

Meski terlihat gaya membawa tas di satu isi bahu saja apalagi dengan beban yang cukup berat dapat mengakibatkan ketidakseimbangan pada otot dan mengakibatkan rasa nyeri pada bahu anda dan akan semakin buruk jika anda mengulanginya setiap hari yang dapat memicu keseimbangan otot yang signifikan atau mengakibatkan cidera atau sakit kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *