Efek Samping Radioterapi Pada kanker Payudara

Efek Samping Radioterapi Pada kanker Payudara

Bagi anda yang baru bergabung, sedikit sayareview dari posting-posting sebelumnya. Kanker payudara dibagi menjadi dua dan wanita lebih beresiko menderita penyakit ini, sebelum dilakukan pengobatan atau perawatan dokter akan melakukan prosedur pemeriksaan, setelah didiagnosa menderita kanker dokter akan mengambil tindakan pengobatan dan salah satunya adalah radioterapi.

Efek Samping Selama Menjalani Radioterapi

Radioterapi terkadang dapat menimbulkan efek samping saat anda menjalani terapi tersebut, efek samping ini akan muncul saat setelah anda menjalani beberapa minggu pengobatan. diantaranya :

Kulit Terasa Sakit dan Memerah – Radioterapi dapat membuat kulit memerah atau berwarna lebih gelap. tidak semua orang mengalami masalah tersebut, hal ini tergantung dari jenis kulit anda dan daerah mana yang mengalami terapi radiasi.

Jika anda memiliki jenis kulit yang sensitif, setelah melakukan beberapa kali pengobatan kulit anda akan tampak memerah atau terlihat lebih gelap, bahkan kulit dapat mengelupas, tapi jangan khawatir kulit anda akan pulih dengan cepat dua atau empat minggu setelah pengobatan.

Kelelahan – Kelelahan cenderung datang perlahan-lahan bersamaan dengan Anda melakukan terapi. Jadi Anda mungkin tidak merasa lelah saat awal menjalani terapi. Anda juga mungkin merasa lemah dan seolah-olah Anda tidak memiliki energi.

Efek Samping Setelah Menjalani Terapi Radiasi

Radioterapi mungkin meninggalkan beberapa efek samping pada kulit Anda dan jaringan payudara yang tertinggal setelah operasi konservasi payudara. Diataranya :

Jaringan Payudara Lebih Kencang – Payudara terasa keras karena efek samping yang disebut fibrosis radiasi. Jaringan payudara menjadi lebih berserat dan kurang elastis.

Menyusutnya Jaringan Payudara – Jaringan payudara juga dapat menyusut selama bertahun-tahun. Radioterapi juga dapat membuat payudara semakin kecil secara bertahap.

Pembengkakan Daerah payudara – Jika payudara Anda menjadi bengkak, kunjungi dokter atau perawat yang memberikan terapi. Radioterapi mungkin telah menyebabkan masalah dengan pengeringan alami cairan dari jaringan. Hal ini disebut lymphoedema. Dokter atau perawat dapat merujuk Anda ke spesialis lymphoedema, untuk dilakukan pemijatan mengeringkan limfatik secara manual.

Tanda Merah Kecil Pada Kulit Anda – Anda mungkin mendapatkan garis garis kecil kemerahan pada kulit yang diberikan terapi, karena adanya pembuluh darah kecil yang pecah. Hal ini disebut telangiectasia. Pembuluh darah yang pecah mempengaruhi tampilan payudara, namun tidak menyebabkan kerusakan apapun .

Kulit Menjadi Lebih Gelap – Kulit di daerah yang dirawat mungkin secara bertahap menjadi gelap di tahun-tahun pertama setelah anda menjalani radioterapi. Kulit di daerah ini mungkin lebih sensitif sebaiknya anda tutupi dengan pakaian atau memakai tabir surya jika Anda berada di luar ruangan di bawah sinar matahari.

Efek Samping Radioterapi Jangka Panjang

Beberapa wanita mengalami pembengkakan di lengan yang disebut lymphoedema setelah dilakukan radioterapi pada ketiak, terutama jika mereka telah menjalani operasi pada ketiak juga. Sekarang ini, para ahli tidak merekomendasikan melakukan operasi dan radioterapi pada ketiak karena dapat meningkatkan risiko lymphoedema. Tapi operasi dan radioterapi pada ketiak mungkin akan diperlukan jika getah bening terdiagnosa mengandung sel-sel kanker .

Wanita yang menjalani radioterapi untuk kanker payudara biasanya mendapatkan penyinaran lebih dari satu sudut . Di masa lalu , kadang-kadang bagian bahu diberi penyinaran dua kali  sekali dari setiap sudut. Karena hal tersebut, saraf di bahu kadang-kadang rusak parah karena mendapat dosis tinggi radioterapi. Hal itu menyebabkan sakit parah dan kesulitan dalam menggunakan lengan .

Cara Mengobati Kanker Secara Alami

Sesuai dengan tagline sehatkanker.com kami memberikan solusi kepada anda dalam pengobatan penyakit kanker, biaya yang mahal.. efek samping yang merugikan.. kini bukan halangan untuk kesembuhan penderita sakit kanker. hubungi kami pada nomor telepon disamping, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *