Cara Untuk Mengatasi Stres Sehari-Hari

Cara Untuk Mengatasi Stres Sehari-Hari

Tekanan atau nama lain dari stres bisa datang tanpa permisi di setiap hari tanpa pandang kondisi dan waktu kepada setiap orang, stres adalah dimana keadaan tidak dinamis pada individu ketika dihadapkan pada tuntutan, peluang atau tekanan yang diluar kontrol setiap manusia.

Banyak hal yang dilakukan untuk menemukan cara mengatasi stres sehari-hari, namun harus bisa dipahami bahwa stres dapat dikategorikan menjadi dua hal yaitu stres yang bisa berakibat positif dan stres yang berakibat negatif.

Stres yang berakibat positif maksudnya adalah tekanan yang mampu memberikan dampak atau akibat positif misalnya didalam disituasi kantor yang mendapat tekanan atau stres atas tuntutan pekerjaan yang disebut dengan dead line atau batas waktu yang mepet namun dengan itu justru bisa memberikan hasil dari kinerja yang bagus.

Stres yang berdampak positif ini biasanya disebut sebagai stres yang bersifat tantangan, sedangkan stres yang berdampak negatif ini berupa hambatan yang mampu berakibat buruk di kesehatan seseorang. Mengetahui ciri-ciri seseorang yang terkena stres sangat penting hal ini dimaksudkan untuk bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi stres sehari-hari dengan tepat sehingga terhindar dari stres.

Cek Tekanan Darah

Terkadang seseorang tidak sadar bahwa dirinya sedang terkena gejala stres yang mana gejala tersebut menampakkan diri dengan gejala yang sederhana , contohnya yaitu seseorang yang kemungkinan terkena stres mungkin sekali untuk mengalami tekanan darah tinggi dari tekanan darah yang biasa dialaminya, sehingga dengan teratur mengotrolkan atau mengecek tekanan darah dalam tubuh merupakan salah satu cara mengatasi stres sehari-hari dengan baik.

Sehingga seseorang dengan kebiasaan memiliki tekanan darah tinggi memiliki kecenderungan mengalami stres lebih tinggi dibanding seseorang yang kesehariannya memiliki potensi tekanan darah rendah.

Gejala yang kedua yang merupakan gejala penampakan dari stres yaitu sering terkena sariawan, perasaan hati menjadi lebih mudah marah dan jengkel, jadi lebih mudah bimbang dan sulit dalam menentukan keputusan yang biasanya selalu mudah dilakukan setiap hari ketika tidak terkena stres.

Kendalikan Emosi Dan Pikiran

Nafsu makan menurun, meskipun pada sebagian orang yang terkena stres bisa terjadi sebaliknya yaitu nafsu makan meningkat, intinya adalah mengalami perubahan nafsu makan yang tidak menjadi kebiasaan normalnya. Mengendalikan diri, pikiran, emosi dan spiritual yang baik setiap hari mampu menjadi salah satu cara mengatasi stres sehari-hari.

Dampak dari stres bisa berupa dampak fisiologis yang bisa dideteksi melalui peningkatan detak jantung dan tarikan nafas sehigga meningkatkan tekanan darah dan sakit kepala sehingga mampu memicu serangan jantung. Dampak kedua bisa berupa dampak psikologis yang bisa berupa kecemasan, ketegangan, kejengkelan, kejenuhan dan sikap yang menunjukkan ketidaktenangan.

Menjaga Pola Tidur

Dampak lainnya berupa dampak perilaku yaitu bisa terlihat dengan perbedaan kebiasaan yang menjadi ciri khas, cara bicara yang tiba-tiba tidak lancar atau gagap, terjadi ketidakteratuan pola tidur atau pola istirahat. Sehingga praktek implemtasi dari cara mengatasi stres sehari-hari bisa dengan pengelolaan akan hal-hal yang bisa mngakibatkan stres yang mungkin menyerang anda setiap hari.

Serangan yang bisa mengakibatkan stres pada seseorang selain yang berasal dari lingkungan luar juga berasal dari dalam yaitu minimnya suplai air yang merupakan pemegang peran penting dalam tubuh.

Air adalah bagian yang utama dalam tubuh dan seluruh bagian organ yang ada didalam tubuh manusia ini membutuhkan air sehingga apabila kekurangan sedikit air saja dari kebutuhan air normal dalam tubuh ini bisa meningkatkan hormon yang disebut bisa memicu terjadinya stres yaitu hormon kortisol yang bisa mengganggu fungsi normal tubuh.

Dehidrasi juga menurunkan sistem imunitas dalam tubuh sehingga dapat memicu terjadinya stres. Dengan mengkonsumsi air yang cukup setiap hari juga merupkan cara mengatasi stres sehari-hari karena air bisa menghambat munculnya hormon kortisol yang bisa menjadi penyebab stress.

Selain itu yang terpenting dengan mengkonsumsi air yang bermanfaat sebagai pelumas, pengatur suhu tubuh, dan juga sebagai mensuplai mineral dan zat zat elektrolin di dalam tubuh yang sangat bermanfaat sehingga menjaga tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan sehigga terhindar dari stres. Kandungan air juga bisa didapatkan dari makan buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *